Mempercantik Tampilan Linux Mint 13 Mate dengan Panel Application Launcher

Linux Mint 13 Mate DE (Desktop Environment) merupakan salah satu distro turunan Ubuntu yang cukup populer saat ini. Selain itu, Linux Mint 13 Mate merupakan distro yang mendukung perangkat yang sudah tergolong lama. Kelebihan lainnya, Mint 13 merupakan distro yang membundel aplikasi yang cukup lengkap. Mint 13 adalah distro yang berani membundel codec mp3 yang berlisensi. Namun demikian tampilannya cukup sederhana. Tapi, kalau sudah dipoles dengan conky dan aksesori lain maka tampilannya tidak kalah aduhai, setara dengan distro mentereng lainnya. Namun pada postingan ini penulis mengajak berkreasi dengan aksesori standar bawaan Linux Mint 13 yaitu Panel Application Launcher tempat meluncurkan aplikasi di sisi bawah Desktop, seperti yang tampak pada gambar. jadi tidak butuh terkoneksi ke internet.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk merias tampilan Linux Mint 13 antara lain dengan Conky Lua (tampilan jam dan sistem yang bulat-bulat seperti pada gambar), dan Cairo Dock (mirip di Mac OSX). Namun mengoprek Panel standar juga tidak kalah menarik dan mudah, yaitu menambahkan Panel dan Application Launcher sebagai berikut. Namun yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah menempatkan Panel standar ke sisi atas Desktop (klik kanan Panel >> Properties dan pada menu Orientation pilih “Top”). Sebab Panel sebelah bawah akan ditempati Panel baru yang akan dibuat.:
  1. Klik kanan Panel sebelah atas >> New Panel. Akan muncul Panel baru di sebelah bawah.
  2. Bawa pointer ke Panel bawah, klik kanan >> Properties, kemudian ubah nilai “Size” dari 22 (standar) menjadi 50 
  3. Unchecklist item Expand.
  4. Masih di jendela “Panel Properties” klik tab Background, dan klik item ” Solid Color”
  5. Ubah nilai transparansi color tadi dengan menggeser scroll di sebelah bawah item Solid Color.
  6. Tutup jendela Panel Properties tadi.
  7. Untuk menambahkan Application Launcher, klik kanan lagi Panel bawah >> Add to panel… akan muncul jendela “Add to Panel” 
  8. Klik 2x menu “Application Launcher” lalu klik tanda plus di sebelah kategori aplikasi, untuk menampilkan semua aplikasi yang ada di setiap kategori.
  9. Klik 2x icon aplikasi yang akan ditambahkan.
  10. Tutup jendela tersebut.

Selamat mencoba…!!!!

About Mohammad Roqib

Sederhana saja, tak perlu ribet

Posted on 12 November 2012, in tutorial komputer and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar