Microsoft Power Point 2010 (Bagian #5): Fungsi Ikon Perintah pada Tab Transitions

PP Banner

Ribbon pada tab Transitions berisikan grup-grup ikon perintah untuk memberikan dan mengatur transisi atau efek pergantian antar halaman slide. Penayangan presentasi akan terlihat lebih menarik dengan menambahkan efek transisi pada tiap halaman.

Transitions

Ribbon pada tab Transitions terdiri dari 3 grup ikon perintah, yaitu Preview, Transition to This Slide, dan Timing.

a. Preview

Bagian Preview berisi ikon perintah untuk menampilkan pratayang dari efek transisi yang telah diterapkan pada halaman slide.

Preview

Dengan fitur ini pengguna bisa melihat contoh efek transisi sebelum presentasi sesungguhnya ditampilkan di hadapan audiens.

b. Transition to This Slide

Bagian Transition to This Slide ini berisikan beragam efek transisi menarik yang dapat dipilih untuk diterapkan pada halaman slide yang sedang aktif. Pilih salah satunya, halaman slide akan menampilkan preview dari efek transisi terpilih.

Transition to This

Sedangkan ikon perintah di sebelahnya, Effect Options menyediakan opsi kustomisasi pada efek transisi terpilih. Sebagai catatan, fitur ini hanya bekerja untuk sebagian jenis efek transisi saja alias tidak semuanya kebagian dari fitur ini.

c. Timing

Grup Timing berisi 5 ikon perintah yang secara garis besar digunakan untuk mengatur durasi dan atribut lainnya dari efek transisi suatu halaman slide.

Timing

  1. Sound : digunakan untuk memberikan efek suara di saat perpindahan halaman slide berlangsung. Saat meng-klik tombol dropdown dalam kotak sound, opsi lanjutannya akan memberikan pilihan suara yang tentunya disediakan oleh aplikasi. jika terlanjur memilih salah satunya, pengguna bisa memilih lagi opsi paling atas untuk menghilangkan efek suara yang kadung dipilih.
  2. Duration : digunakan untuk mengatur durasi atau lamanya efek transisi akan berlangsung. Dalam gambar di atas, durasi default adalah 1,10 detik. Pengguna dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.
  3. Apply To All : digunakan untuk menerapkan efek transisi terpilih, berikut seluruh atributnya, ke setiap halaman slide yang sedang dibuat.
  4. On Mouse Click : adalah bagian dari Advance Slide, fitur ini secara default akan ter-checklist. Ini berarti efek transisi akan aktif saat meng-klik tombol mouse. Unchecklist bila tidak menginginkannya.
  5. After : juga bagian dari Advance Slide yang jika di-checklist akan memberikan tempo antara klik mouse dengan berlakunya efek transisi, sesuai dengan angka yang diisikan dalam kotak di sebelahnya.

Sekian dulu tulisan saya untuk bagian ke-5 ini. Semoga bermanfaat!!!

Baca juga:

Microsoft Power Point 2010 (Bagian #1)

Microsoft Power Point 2010 (Bagian #2):Fungsi Ikon pada Tab Home

Microsoft Power Point 2010 (Bagian #3): Fungsi Ikon Perintah pada Tab Insert

Microsoft Power Point 2010 (Bagian # 4):Fungsi Ikon Perintah pada Tab Design

About Mohammad Roqib

Sederhana saja, tak perlu ribet

Posted on 9 November 2018, in Microsoft Power Point and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: