Trik Cepat Menguasai Windows 7

A. Mengenal Windows 7

Perangkat lunak sistem operasi (Operating System) merupakan software sangat vital dalam sebuah komputer. Jika tidak ada sistem operasi maka semua komponen komputer yang ada tidak dapat berfungsi. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer, sehingga akan menjembatani antara pengguna dengan komputer itu sendiri. Pada bab ini secara khusus akan membahas sistem operasi Windows 7 –dibaca Windows Seven.

Windows 7 adalah sebuah sistem operasi yang dibuat oleh salah satu perusahaan software terkemuka Microsoft Corporation. Windosw 7 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya yaitu Windows XP (keluaran 2002), Windows Vista (keluaran 2007). Sistem operasi ini menawarkan beberapa keunggulan. Antara lain tampilan antar muka yang lebih menarik, bisa digunakan oleh beberapa pengguna atau user, lebih stabil, serta dapat menginstal secara otomatis beberapa perangkat keras. Dengan Windows 7, Kamu dapat mencolokkan flashdisk atau MP3 Player tanpa harus meng-install-nya secara manual.

Keunggulan Windows 7 Dibanding Vista

Baru-baru ini Microsoft Mengklaim Windows 7 sebagai OS yang dirancang sesuai dengan selera konsumen yang menginginkan komputer yang simpel. “Lebih cepat bekerja, sedikit mengklik, koneksi yang mudah dan tidak rumit. Berikut ini 9 keunggulan Windows 7 yang diklaim bos baru Microsoft pengganti Bill Gates, Steve Ballmer :

1. MENEMUKAN FILE SECARA CEPAT Untuk menemukan file tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya tinggal klik pada menu start dan ketik di dalam kotak pencarian apa saja yang akan dicari. Setelah terbuka, pilih apa yang anda inginkan dan dengan cepat akan terwujud.

2. MELIHAT SELURUH JENDELA DENGAN MUDAH Pada saat banyak jendela terbuka, kadang kita bingung nama atau isinya. Windows 7 membantu anda menengoknya dengan mudah dengan hanya mengintip dari taskbar. Caranya dengan melayang-layankan kursor di atas ikon dari jendela terbuka. Bakal terlihat nama ikon dan program tersebut. Layangkan lagi di atas preview untuk melihat keseluruhan layar. Klik untuk menghubungkannya deangan jendela yang anda ingin lihat.

3. MENGINTIP DIAM-DIAM DESKTOP ANDA Sering kali kita harus menutup jendela satu per satu untuk melihat desktop. Fitur Aero Peek membantu anda mengintip desktop tanpa menyentuh jendela. Caranya dengan melayangkan kursor di atas kotak bujur sangkar pada pojok kanan bawah. Klik di atas untuk memperkecil seluruh jendela yang terbuka. Ketika layar desktop terbuka, klik nagi untuk menampilkan kembali.

4. CARI APA YANG DIINGINKAN DENGAN SANGAT MUDAH Jump List pada Windows 7 membantu anda mencari file, lagu, gambar, atau dokumen lainnya dalam desktop secara cepat. Hal ini mengurangi waktu terbuang anda menemukan dokumen yang kemarin dioperasikan. Fitur ini ada menu start dan taskbar. Dengan 1 klik, anda dapat melihat website yang sering digunakan pada internet explorer 8. Anda dapat menarik dan membuang sebuah file dari Jump List.

5. BANDINGKAN 2 JENDELA SATU SAMA LAIN Fitur Snap membantu kita melihat kembali jendela dengan lebih baik dan memudahkan membandingkan 2 dokumen satu sama lain. Carannya dengan menarik jendela ke satu sisi dari layar. Ketika pointer mouse ke sisi lain, jendela akan snap setengah dari layar. Untuk memperluasnya secara vertical, tarik border ke pinggir layar. Ketika pointer mouse di pinggir, jendela akan snap ke vertical penuh.

6. SATU KLIK DAPAT SEMUA Dengan fitur pin, anda dapat mengakses taskbar dengan satu klik. Layangkan kursor di atas program favorit dan tarik ke taskbar. Atau klik kanan di atasnya dan pilih “pin” di Taskbar. Program anda akan jadi pin. Untuk membukanya, klik pada ikon Taskbar. Anda dapat membuka pin dengan program lain pada saatnya.

7. MENGHUBUNGKAN PERANGKAT WIRELESS Dengan Windows 7 set-up nirkabel jauh lebih mudah. Anda dapat menambahkan yang lain, termasuk jaringan printer dan digital media player. Caranya dengan meluncurkan wizard “Add a Device” lalu ketik lokasi pin pada perangkat bergerak.

8. MEMBUAT WEB JAUH LEBIH CEPAT, AMAN DAN MUDAH Internet Explorer 8 membuat penggunaan internet jadi lebih cepat, aman dan mudah. Melalui web slices, anda dapat melacak jejak informasi secara khusus. Ini lebih mudah diikuti ketimbang lelang di eBay atau berita terbaru dari ESPN. Dengan kontak instant search di internet explorer, hasilnya dapat diikuti secara real time. Hasil pencarian juga dilengkapi dengan the SmartScreen, yaitu filter yang melindungi anda dari spam, virus dan lainnya. Sedangkan InPrivate membantu privasi anda menjelajahi dunia maya setelah menutup browser.
9. PERSONALISASI KOMPUTER ANDA
Dengan Windows 7, Anda tidak terlalu sulit membuat komputer lebih personal. Caranya dengan klik kanan pada desktop kemudian klik personalize untuk memilih dari banyak tema yang menarik atau putar belakang desktop ke dalam slide show foto favorite. Klik Gadgets untuk menambahkan informasi yang sering dibutuhkan pada desktop.

Sumber: rmmandb.com

B. Mengenal Tampilan Windows 7

Keterangan:

1) Layar Desktop layar dasar pada tampilan Windows 7

2) Icon Shortcut ikon program yang digunakan sebagai pintasan untuk mengaktifkan suatu program dengan 2x klik pada ikon program yang diinginkan.

3) Tombol Display Desktop untuk menampilkan layar Desktop saat pengguna komputer mengaktifkan program sehingga user tidak perlu menutup semua program aktif saat ingin menampilkan layar Desktop. User cukup meng-klik 1x tombol ini.

4) Tombol Start digunakan untuk mengaktifkan Start Menu, dimana pada Start Menu terdapat, antara lain, untuk memulai program dari All Program, mengatur konfigurasi komputer, dll.

5) Notification Area berisi jam/tanggal, informasi tentang status program/perangkat pendukung sistem, dan sebagai tempat munculnya pesan informasi tentang status perangkat periferal komputer. Pada lapop, area ini juga menampilkan status batete dan status jaringan maupun internet.

6) Quick Launch berisi 3 tombol utama, untuk membuka program dengan sekali klik. Area ini juga sebagai tempat tombol explorer saat Anda membuka folder atau beberapa folder.

7) Language Bar digunakan untuk memilih jenis bahasa penulisan yang akan digunakan oleh sistem.

8) Tombol Taskbar deretan atau kelompok tombol aplikasi yang diaktifkan oleh user. Tombol ini digunakan antara lain, untuk pindah ke aplikasi lainnya dan untuk menampilkan dan menyembunyikan aplikasi.


C. Mengenal Icon Shortcut

Icon Shortcut merupakan gambar deskripsi suatu program yang berfungsi sebagai pintasan untuk masuk ke program aplikasi. Dengan adanya shortcut, user tidak perlu sibuk lagi membuka program melalui Start Menu, kemudian menelusuri All Programs. User cukup melayangkan pointer ke ikon program yang tersedia di layar Desktop, kemudian klik kiri 2 kali pada ikon dimaksud, maka suatu program sudah aktif sehingga lebih efisien waktu.

Ikon Shortcut bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna komputer. Anda bisa membuat ikon Shortcut baru, menyembunyikannya, serta dapat menampilkannya kembali pada saat dibutuhkan.

Membuat Shortcut Baru

Pada pembahasan ini kita akan belajar membuat ikon Shortcut baru sesuai dengan keinginan. Kalian bisa membuat Shortcut atau pintasan, baik untuk membuka suatu program, membuka file, bahkan folder yang sudah kalian buat dilokasi penyimpanan komputer.

Cara membuat Shortcut baru adalah: pertama, bawalah pointer mouse ke area kosong Desktop. Kedua, klik kanan dan pilih perintah New > pada menu yang muncul. Ketiga, bawalah pointer mouse ke salah satu ikon program yang tersedia lalu klik kiri satu kali ikon dimaksud. Maka ikon yang kalian pilih sudah ada di area Desktop sebagai Shorcut dari suatu program.

Jika Shorcut itu masih berada di tengah area Desktop, kalian harus memindahkannya ke tempat Shortcut lainnya. Caranya, bawalah pointer mouse ke Shortcut tersebut kemudian klik kiri tahan (drag) dan geser pointer menuju tempat Shortcut lainnya, kemudian lepaskan klik kiri yang kalian lakukan tadi.

Jika dilakukan dengan prosedur yang benar maka Shortcut tersebut sudah berpindah ke tempat yang diinginkan.

Mengubah nama Icon Shortcut

Sering kali kita bosan dengan nama dari Shortcut yang sudah dibuat. Untuk mengubah nama shortcut yang telah dibuat yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke shortcut yang diinginkan kemudian klik kanan pada shortcut tersebut. Kedua, pilih perintah Rename pada menu yang muncul berikutnya. Ketiga, ketik nama baru yang diinginkan, misalnya, SHORTCUT BUATANKU. Keempat, biasanya, kursor (tanda berkedip) masih berada di akhir nama shortcut tadi, untuk mengakhiri proses ini, klik kiri di area kosong Desktop.

Menghapus Icon Shortcut

Ketika suatu shortcut sudah tidak dibutuhkan lagi, maka kalian harus membuangnya agar tidak terlalu banyak ikon shortcut di area Desktop sehingga tampilan Desktop tersebut lebih rapi.

Cara menghapus ikon shortcut yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke shortcut yang diinginkan lalu klik kanan ikon tersebut. Kedua, klik kiri perintah Delete pada menu yang muncul, selanjutnya akan muncul kotak dialog Delete File. Ketiga, klik kiri tombol Yes yang terdapat pada kotak tersebut. Jika dilakukan dengan prosedur yang benar maka shortcut tadi akan terhapus dari area Desktop.

Menyembunyikan Shortcut di Area Desktop

Ikon shortcut digunakan sebagai pintasan untuk mengaktifkan suatu program. Namun terkadang kita merasa terganggu dengan tampilan shortcut yang hampir memenuhi layar Desktop.

Kalian tidak perlu menghapus semua shortcut yang ada karena nanti butuh waktu agak lama untuk membuatnya kembali, jika suatu saat dibutuhkan tampilan shortcut di area Desktop. Kalian cukup melakukan beberapa langkah untuk menyembunyikan semua tampilan shortcut dari area Desktop, dan suatu saat bisa ditampilkan kembali bila dibutuhkan.

Untuk menyembunyikan shortcut dari area Desktop yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke area kosong Desktop lalu klik kanan mouse, akan muncul menu pilihan. Kedua, pilih perintah View> lalu klik perintah Show Desktop Icons, maka shortcut akan tersembunyi.

Menampilkan Shortcut di Area Desktop

Ketika kalian menghidupkan suatu komputer, dan shortcut tidak terlihat di layar Desktop, bukan berarti kalian harus membuat shortcut baru. Kemungkinan shortcut-nya sengaja disembunyikan oleh user yang lain.

Pada pelajaran ini kita akan belajar menampilkan kembali icon shortcut yang telah disembunyikan. Langkah-langkah menampilkan kembali shortcut di layar Desktop sebenarnya sama dengan ketika kalian menyembunyikannya.

Untuk menampilkan kembali icon shortcut yang disembunyikan yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke area kosong Desktop kemudian klik kanan, akan muncul menu pilihan. Kedua, pilih perintah View> lalu klik kiri perintah Show Desktop Icons. Maka shortcut akan tampil kembali.

D. Mengenal Taskbar

Taskbar (bilah tugas) merupakan tampilan persegi panjang yang berada di bawah layar Desktop. Taskbar, antara lain berisi tombol Start, Quick Launch, dan di paling kanan disebut area notifikasi (notification area). Taskbar juga berfungsi untuk menampilkan tombol aplikasi yang aktif sehingga memudahkan user untuk berpindah dari suatu aplikasi ke aplikasi aktif lainnya dengan meng-klik salah satu tombol aplikasi yang terdapat di taskbar. Kalian tidak perlu menutup jendela suatu aplikasi untuk menampilkan aplikasi yang aktif lainnya.

Keterangan:

1. Start Button: untuk mengaktifkan Start Menu.

2. Taskbar Button: digunakan untuk berpindah antar aplikasi yang aktif saat user mengaktifkan beberapa jendela aplikasi.

3. Language Button: untuk memilih jenis bahasa penulisan yang digunakan sistem.

4. Show Hide Button: digunakan untuk menampilkan tombol program pendukung sistem dan media yang terhubung dengan komputer.

5. Action Center Icon: menginformasikan berbagai masalah seputar software komputer.

6. Network Icon: sebagai informasi tentang status jaringan dan digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan jaringan.

7. Volume Icon: informasi status volume sistem, juga digunakan untuk mengatur volume sistem.

8. Date/time: menampilkan informasi jam dan tanggal.

9. Show Desktop Button: digunakan untuk menampilkan layar desktop saat user membuka beberapa jendela program, sehingga user tidak perlu menutup jendela aktif satu persatu saat ingin menampilkan layar desktop.

Mengatur Taskbar

Tampilan Taskbar bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna komputer. Kalian bisa memperkecil tampilan Taskbar, bahkan kalian bisa menyembunyikan tampilan Tsakbar secara otomatis ketika pointer mouse berada di luar area Taskbar.

Untuk melakukan konfigurasi atau pengaturan Taskbar, kalian harus masuk ke jendela Taskbar and Start Menu Properties. Caranya, bawalah pointer mouse pada area kosong di Taskbar. Kemudian klik kanan mouse, maka akan muncul menu pilihan. Klik kiri perintah Properties yang terdapat pada menu tersebut, maka akan muncul jendela Tsakbar and Start Menu Properties.

Bila kalian melakukannya dengan prosedur yang benar maka tampilan jendela Taskbar and Start Menu Properties akan tampak seperti berikut ini.

Keterangan:

1. Tombol Tabulasi: deretan menu yang berisi pengaturan sesuai tabulasi terpilih.

2. Lock the taskbar: bila perintah ini diaktifkan maka tombol pin (sebelah tombol Start) tidak bisa digeser ke kanan atau ke kiri.

3. Auto-hide the taskbar: digunakan untuk menyembunyikan secara otomatis tampilan taskbar saat pointer berada di luar area taskbar.

4. Use small icons: digunanakan untuk memperkecil taskbar dan ikon yang terdapat pada taskbar.

5. Taskbar location on screen: digunakan untuk mengatur letak tampilan taskbar di area desktop (Bottom berarti di bagian bawah desktop).

6. Taskbar buttons: digunakan untuk pengaturan tombol taskbar (tombol aplikasi), user dapat mengelompokkan beberapa tombol aplikasi saat membuka beberapa file yang sama.

7. Customize which icons and notifications appear in the notification area: digunakan untuk mengatur tampilan tombol ikon pada area notifikasi.

8. Use Aero Peek to preview the desktop: bila perintah ini diaktifkan maka user dapat mengintip suatu jendela aplikasi sesuai dengan tombol taskbar yang dilalui mouse, sayangnya, perintah ini hanya terdapat pada Windows 7 Professional, bukan versi Starter Edition dan Home Edition.

Mengatur Posisi Taskbar

Kalian bisa menempatkan tampilan Taskbar di bawah, di atas, atau di samping desktop. Perlu dimaklumi, ini berlaku bila komputer yang dipakai sudah menggunakan sistem operasi Windows 7.

Cara mengatur posisi taskbar adalah: pertama, bawalah pointer mouse ke area kosong Taskbar kemudian klik kanan mouse, akan muncul menu pilihan. Kedua, klik kiri perintah Properties, akan muncul jendela Taskbar and Start Menu Properties. Ketiga, bawalah pointer ke tombol Taskbar location on screen lalu klik kiri mouse, akan muncul menu untuk menempatkan tampilan Taskbar di area desktop seperti berikut ini.

· Klik Bottom untuk menampilkan Taskbar di bagian bawah desktop

· Klik Left untuk menampilkan Taskbar di bagian kiri desktop

· Klik Right untuk menampilkan Taskbar di bagian kanan desktop

· Klik Top untuk menampilkan Taskbar di bagian atas desktop

Setiap melakukan perubahan apapun pada jendela Taskbar and Start Menu Properties maka kalian harus meng-klik tombol Apply di bagian bawah jendela. Hal ini dilakukan bila kalian ingin menerapkan perubahan tersebut. Setelah selesai, klik kiri tombol Close (X) untuk menutup jendela.

Mengenal Start Menu

Start Menu (menu untuk memulai program), adalah menu yang aktif saat user meng-klik kiri tombol Start. Start Menu merupakan menu awal untuk mengaktifkan segala hal yang berkaitan dengan suatu komputer selain pintasan atau shortcut yag ada di area Desktop dan taskbar. Seandainya komputer adalah suatu rumah, Start Menu adalah pintu gerbang untuk mengakses segala isi rumah tersebut. Demikian pula Start Menu. Ia merupakan pintu awal untuk mengakses segala hal yang ada pada suatu komputer.

Tidak semua pintasan program bisa ditampilkan di area desktop karena bila demikian maka ikon pintasan program akan memenuhi seluruh area desktop. User hanya akan menampilkan sebagian dari semua program yang terdapat dalam suatu komputer. Selebihnya, untuk membuka program dilakukan melalui Start Menu.

bagian materi ini akan membahas tentang Start Menu. Perlu diingat bahwa untuk mengaktifkan Start Menu, bawalah pointer mouse ke tombol Start, kemudian klik kiri mouse. Tampilan standar Start Menu Windows 7 adalah seperti berikut ini.

Keterangan:

1. Quick Access Programs: kumpulan ikon program yang sering dibuka, sebagai pintasan untuk mengaktifkan program dengan 1x klik.

2. Recently files: berisi kumpulan pintasan untuk mengakses file yang baru-baru ini dibuka berdasarkan program yang digunakan untuk membuka file tersebut.

3. User Account Icon: gambar sebagai logo dari akun pengguna, bisa diganti sesuai keinginan user.

4. User Account Folder: tombol untuk mengakses folder pribadi setiap akun pengguna (disini contoh akun penggunanya adalah sulpaCOM01).

5. Documents Button: tombol untuk mengakses folder Documents, adalah folder yang disediakan Windows 7 untuk menyimpan berbagai jenis file (xp, My Documents).

6. Pictures Button: tombol untuk mengakses folder Pictures, berupa folder yang disediakan Windows 7 untuk menyimpan file gambar.

7. Music Button: tombol untuk mengakses folder musik, berupa folder yang disediakan Windows 7 untuk menyimpan file musik.

8. Computer Button: tombol untuk mengakses drive atau media penyimpanan komputer. Misalnya, harddisk, CD/DVD drive, flashdrive, dll.

9. Control Panel Button: tombol untuk mengakses jendela Control Panel, adalah fitur yang digunakan untuk mengatur konfigurasi komputer.

10. Devices and Printers Button: tombol untuk mengakses jendela yang di dalamnya menampilkan media atau perangkat yang terhubung dengan komputer.

11. Default Programs Button: tombol untuk mengakses pengaturan yang digunakan untuk mengembalikan setting komputer ke pengaturan standar atau default.

12. Help and Support Button: tombol untuk mengakses bantuan dan dukungan seputar permasalahan yang dialami sistem operasi Windows.

13. Shutdown Button: tombol untuk mematikan komputer melalui program.

14. All Programs Button: tombol untuk mengakses semua program yang terinstal ke dalam komputer.

15. Search Bar: area yang disediakan sistem untuk pencarian file atau program berdasarkan keyword yang diketikkan oleh user.

16. Next Arrow Button: tombol untuk mengakses beberapa pilihan tingkat lanjut selain Shutdown seperti Log Off, Restart, Switch User, dll.

Mengenal User Accounts

User Accounts (akun pengguna) merupakan fasilitas yang tersedia dalam sistem operasi Windows. Dengan User Accounts, setiap pengguna komputer dapat memberikan pengaturan tersendiri pada setiap akun yang telah dibuat. Kalian dapat memberikan konfigurasi atau pengaturan tersendiri terhadap akun yang akan kalian buat nanti. Pengaturan yang dimaksud misalnya, tema atau wallpaper, tampilan taskbar, tampilan icon shortcut, dan lain-lain. Dengan demikian, suatu komputer yang digunakan beberapa pengguna dapat memiliki sejumlah akun dengan konfigurasi tersendiri sesuai selera.

Andai di rumah kalian ada satu komputer (ini cuma seandainya loach) dan pemakainya adalah kakak, adik, ayah (bener nggak ya?!), dan kamu sendiri. Maka masing-masing dapat membuat akun yang berbeda dengan tampilan yang diatur sendiri. Sehingga tampilan komputer lebih pribadi meskipun digunakan oleh beberapa orang.

Membuat User Accounts Baru

Cara membuat User Accounts baru adalah: pertama, klik kiri tombol Start kemudian klik kiri Control Panel yang terdapat area kanan Start Menu, dan tunggu hingga muncul jendela Control Panel.

Kedua, bawalah pointer mouse ke area User Accounts and Family Safety (ikon dua orang), dan klik kiri perintah Add or Remove User Accounts, tunggu hingga muncul jendela berikutnya.

Ketiga, klik kiri Create a new accounts, lalu ketiklah nama akun baru yang diinginkan. Keempat, klik tombol Create account di bagian bawah jendela. Setelah itu, tutuplah jendela Control Panel.

Nah, sekarang, kalian sudah belajar membuat user Accounts baru. Selamat mencoba!

Pindah User Accounts

Langkah-langkah untuk pindah user account adalah: pertama, klik kiri tombol Start kemudian klik kiri next arrow yang terdapat di sebelah kanan Shutdown, akan muncul menu pilihan. Kedua, klik kiri Switch user pada menu tersebut, dan tunggu hingga layar monitor menampilkan tampilan Switch user. Perhatikan ilustrasi di bawah ini.

Pada langkah berikutnya, layar monitor menampilkan logo dari semua user accounts yang telah dibuat. Tugas kalian adalah meng-klik kiri logo akun yang telah kalian buat. Tunggu beberapa saat hingga layar monitor menampilkan akun yang telah kalian buat. Berikut ini adalah contoh tampilannya.

Menghapus User Accounts

Untuk menghapus akun yang telah kalian buat, caranya adalah: pertama, klik kiri tombol Start kemudian klik kiri Control Panel, akan muncul jendela Control Panel. Kedua, bawalah pointer ke area User Accounts and Family Safety (ikon dua orang), dan klik kiri perintah Add or Remove User Accounts, tunggu hingga muncul jendela berikutnya. Perhatikan ilustrasi berikut.

Ketiga, setelah muncul pilihan berikutnya maka klik kiri akun yang ingin dihapus. Keempat, klik kiri Delete Accounts.

Kelima, pada jendela konfirmasi ini kalian ditanya, apakah kalian juga ingin menghapus file yang ada dalam akun tersebut? Klik Delete Files akan muncul opsi berikutnya. Keenam, klik kiri perintah Delete Accounts, maka akun yang dipilih tadi sudah terhapus. Berikutnya tutup jendela Control Panel.

Mengenal Gadget

Gadget (baca gijet) mengacu pada inovasi baru pada barang elektronik kecil dan canggih yang memiliki fungsi khusus. Dengan pengertian ini, PC tablet, PDA dan smartphone boleh disebut sebagai gadget, meskipun bentuknya tidak begitu kecil.

Pada sistem operasi Windows 7, gadget merupakan tampilan aksesori yang bisa dipindah ke mana-mana di area desktop. Tool ini bisa menampilkan informasi tentang judul berta terbaru dari internet. User juga mendapatkan informasi tentang prakiraan cuaca secara online, bahkan user juga bisa memperoleh informasi tentang kurs mata uang secara up to date (terkini). User juga bisa menampilkan gambar slideshow sehingga tampilan desktop terlihat lebih menarik.

Microsoft Corporation mulai menambahkan aksesori gadget pada Windows Vista, sistem operasi keluaran 2007. Pelajaran ini akan membahas tentang aksesori gadget pada Windows 7 serta cara pengelolaannya.

Menampilkan Gadget

Langkah-langkah untuk menampilkan gadget yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke area kosong Desktop kemudian klik kiri mouse, akan muncul menu pilihan. Kedua, pada menu pilihan tersebut, klik kiri Gadgets, maka akan muncul jendela Gadgets.

Ketiga, bawalah pointer mouse ke salah satu Gadget yang tersedia, misalnya jam kemudian drag ke area kanan Desktop. Untuk menambahkan gadget lainnya, bawalah pointer ke salah satu gadget yang tersedia kemudian drag lagi ke area kanan Desktop. Perhatikan gambar berikut.

Mengatur Gadget

Untuk mengatur Gadget, perhatikan berukut ini

Close Gadget (1): digunakan untuk menutup Gadget yang terpilih.

Option (2): digunakan untuk melakukan pengaturan atau konfigurasi terhadap Gadget yang terpilih.

Grid Gadget (3): digunakan untuk memindahkan Gadget terpilih ke area lain di layar Desktop.

TIPS:

Untuk menampilkan pengaturan tingkat lanjut seputar Gadget, maka klik kanan salah satu Gadget di samping, maka akan muncul menu pilihan untuk mengatur Gadget

Menambah Gedgets

Langkah-langkah untuk menambah alat Gadgets lainnya adalah: pertama, bawalah pointer pada salah satu Gadget lalu klik kanan Gadget tersebut, maka akan muncul menu pilihan. Kedua, klik perintah Add Gadgets… maka akan muncul jendela Gadgets. Ketiga, drag salah satu gadget ke area kanan Desktop.

Nah sekarang kalian telah belajar menambah alat gadget. Selamat mencoba!

Menutup Gadget

Langkah-langkah menutup Gadget yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke salah satu Gadget yang diinginkan, kemudian klik kanan Gadget tersebut, akan muncul menu pilihan seperti berikut ini.

Windows Explorer

Windows Explorer atau jendela penjelajah, merupakan jendela penelusuran yang digunakan untuk menjelajahi seluruh media penyimpanan komputer, termasuk seluruh folder dan file-nya. Saat pengguna komputer membuka file melalui My Document, berarti ia membuka file tersebut dari Windows Explorer.

Dengan Windows Explorer, kalian dapat menjelajahi seluruh ini media penyimpanan komputer, baik yang ada dalam harddisk, CD/DVD-ROM, flashdisk, dan lain-lain.

Mengaktifkan Windows Explorer

Langkah-langkah mengaktifkan Windows Explorer yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke tombol Start kemudian klik kanan mouse, akan muncul menu pilihan. Kedua, klik kiri perintah Open Windows Explorer yang ada di menu pilihan tersebut. Tunggulah beberapa saat hingga muncul jendela Windows Explorer.

Mengenal Tampilan Windows Explorer

Keterangan:

1. Back Button: digunakan untuk kembali ke jendela sebelumnya yang dibuka.

2. Forward Button: digunakan untuk membuka jendela berikutnya yang dibuka.

3. Address Bar: kotak persegi panjang yang menampilkan alamat dari folder yang sedang dibuka.

4. Minimize Button: digunakan untuk menyembunyikan tampilan jendela explorer ke tombol aplikasi di Taskbar.

5. Maximize Button: digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan jendela explorer.

6. Close Button: digunakan untuk menutup jendela explorer.

7. Search Bar: kotak yang digunakan untuk pencarian folder atau file di komputer berdasarkan keyword tertentu yang diketikkan user.

8. Menu Bar: berisi perintah pendukung untuk bekerja dalam Windows Explorer.

9. Toolbar: berisi perintah-perintah yang mendukung pada jendela explorer, terutama untuk pengaturan tampilan.

10. Navigation Pane: panel navigasi berisi lokasi penympanan komputer secara keseluruhan.

11. File List: area kanan ini berfungsi menampilkan konten atau isi dari media penympanan yang aktif di area kiri atau di panel navigasi.

12. Status Bar: berisi informasi seputar media objek yang sedang diaktifkan, baik yang ada di panel kiri maupun di panel kanan.

Mengubah Tampilan Windows Explorer

Tampilan ikon file atau folder yang ada di panel kanan jendela explorer dapat diatur sesuai keinginan pengguna komputer. Sebelum melakukan pengaturan Windows Explorer, bukalah Windows Explorer seperi yang telah kalian pelajari sebelumnya. Setelah jendela explorer terbuka, maka aktifkan folder Documents yang ada di area kiri jendela. Selanjutnya, bawalah pointer ke View Button yang ada di panel kanan, lalu klik kiri tombol mouse, akan muncul menu pilihan yang meminta kalian untuk memilih salah satu jenis tampilan.

Klik kiri salah satu jenis tampilan yang tersedia, contoh, Extra Large Icons maka tampilan folder akan tampak seperti gambar sebelah kanan di atas.

Men-copy File

Langkah-langkah untuk men-copy atau menyalin file adalah: pertama, bukalah jendela Explorer, kemudian klik kiri folder Documents. Kedua, bawalah pointer ke area kanan dan carilah file yang akan di-copy. Ketiga, arahkan pointer ke file yang akan di-copy tadi, kemudian klik kanan mouse untuk menampilkan menu pilihan seputer file tersebut. Keempat, klik perintah Copy yang ada di menu pilhan itu. Kelima, arahkan pointer mouse ke area kosong, lalu klik kanan, akan muncul menu pilihan, kemudian klik kiri perintah Paste. Perhatikan ilustrasi berikut ini.

Menghapus File

Pada pelajaran ini kalian akan belajar menghapus file dari jendela explorer. Adapun langkah-langkah untuk menghapus file dari jendela explorer adalah: pertama, bukalah jendela explorer, kemudian bukalah folder dimana kalian menyimpan file yang akan dihapus. Kedua, bawalah pointer mouse pada file yang akan dihapus tadi, lalu klik kanan mouse untuk memunculkan menu pilihan, kemudian klik kiri perintah Delete pada menu pilihan tersebut, selanjutnya akan muncul Dialog Box. Ketiga, klik tombol Yes yang ada di kotak dialog tersebut.

Membuat Folder Baru

Folder merupakan wadah untuk mengemas beberapa file atau bahkan beberapa folder lainnya sehingga lebih rapi dan bisa tersusun dengan rapi. Dapat dibayangkan seandainya tidak ada folder, mungkin file-file yang ada akan ditumpuk dalam satu tempat, dan mungkin user akan kesulitan untuk mencari suatu file yang diperlukan bila dalam suatu komputer sudah terdapat banyak file. Folder dapat diisi dengan jutaan file atau folder lainnya, selama memori komputernya masih memungkinkan.

Langkah-langkah untuk membuat folder baru adalah: pertama, bukalah jendela explorer, misalnya folder Documents. Kedua, di area kanan, arahkan pointer mouse ke area kosong lalu klik kanan mouse, maka akan muncul menu pilihan. Ketiga, klik perintah New> kemudian klik kiri perintah Folder, akan muncul folder baru dengan nama “New Folder”. Keempat, ketikkan nama folder yang kalian buat, misalnya dengan nama Folder Baruku. Berikutnya klik kiri di area kosong. Perhatikan gambar berikut ini.

Setelah kalian membuat folder baru, kalian boleh menaruh beberapa file dalam folder tersebut, baik berupa file gambar, musik, dll. Caranya, letakkan pointer ke file yang ingin dipindahkan kemudian klik kanan mouse untuk memunculkan menu pilihan. Selanjutnya, klik perintah Cut yang ada di menu pilihan tersebut. Berikutnya, bawa pointer ke folder yang diinginkan kemudian klik kanan lagi folder tersebut, akan muncuk menu pilihan. Klik kiri perintah Paste. Lakukan cara yang sama untuk memindahkan file lainnya.

Bila kalian melakukannya dengan cara yang benar, maka file tadi sudah pindah ke dalam folder yang dipilih. Selamat mencoba!

Bila kalian hanya ingin menyalinnya saja, bukan memindahkannya, klik kanan suatu file kemudian klik kiri Copy yang ada di menu pilihan. Bawa pointer ke folder yang telah dibuat lalu klik kanan dan klik kiri perintah Paste.


Recycle Bin

Ketika suatu file dianggap tidak dibutuhkan, biasanya akan dihapus oleh pengguna komputer. Masalahnya, bagaimana jika suatu saat file atau folder tersebut dibutuhkan lagi, padahal sudah dihapus dari harddisk komputer? Kalian tidak perlu khawatir. Kalian bisa mengembalikannya lagi selamanya yang dihapus tadi berasal dari harddisk, bukan dari flashdisk atau media media penyimpanan Removable lainnya.

Saat pengguna komputer menghapus file atau folder maka file atau folder tersebut akan tertampung sementara di dalam suatu kontainer yang disebut Recycle Bin. Recycle Bin dapat diibaratkan sebagai tempat sampah daur ulang, dimana Recycle Bin berfungsi untuk menampung sementara file yang dihapus dari media penyimpanan komputer. File atau folder yang tertampung di sana bisa dikembalikan lagi ke lokasi sebelumnya dimana file atau folder tersebut dihapus. Kalian dapat mengembalikan file atau folder yang pernah dihapus, atau bahkan bisa menghapusnya lagi dari Recycle Bin agar benar-benar terhapus untuk selamanya.

Mengembalikan File dari Recycle Bin

Langkah-langkah mengembalikan file atau folder dari Recycle Bin dari ke media penyimpanan sebelumnya yaitu: pertama, bawalah pointer mouse ke ikon shortcut Recycle Bin yang terdapat di area Desktop kemudian klik kiri 2 kali mouse, akan muncul jendela Recycle Bin. Kedua, bawalah pointer ke ikon file yang ingin dikembalikan, lalu klik kanan mouse untuk memunculkan menu pilhan. Ketiga, klik kiri perintah Restore yang ada di menu pilihan tersebut. Bila dilakukan dengan prosedur yang benar maka file yang dipilih akan kembali ke lokasi penyimpanan semula.

Menghapus File dari Recycle Bin

Langkah-langkah untuk menghapus data dari Recycle Bin adalah: pertama, bawalah pointer mouse ke ikon shortcut Recycle Bin di area Desktop, lalu klik kiri 2 kali mouse, tunggu hingga muncul jendela Recycle Bin. Kedua, klik kiri perintah Delete pada menu tersebut, akan muncul kotak dialog Delete File, klik kiri Yes di bawah kotak tersebut. Maka file yang dipilih akan terhapus.

About Mohammad Roqib

Penulis (Eep Setiawan) bukanlah orang hebat, apalagi sok hebat. Hanya ingin berbagi karena dengan berbagi kita akan terus belajar dan belajar. Berbagi takkan pernah merugikan diri. Malah sebaliknya, Dengan berbagi kita akan mendapat pengetahuan yang tak terpikirkan sebelumnya.

Posted on 27 Maret 2011, in trik windows 7 and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Wow, sangat lengkap penjelasannya. ijin copy mas, untuk presentasi teman-teman guru. Terima kasih.

  2. gmn cara menset point nmr 2 yang anda jelaskan soalnya laptopku gak bisa beli secara seluruh perview document tanpa mengkiknya?, mohon penjelasanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: