BISAKAH FILE DOKUMEN BERISI HALAMAN BERVARIASI?

word2003-ke-word2010MICROSOFT OFFICE WORD merupakan aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang tentunya sangat kompatibel dengan aneka kebutuhan user dalam bidang perbukuan. Mayoritas menu yang tersedia di jendela aplikasi berbayar milik Om Gates ini memang dialamatkan untuk keperluan pengolahan kata. Namun fakta bahwa MS Word menyediakan menu kompabilitas dengan keperluan di luar pengolahan kata tersebut memang tidak bisa dibantah lagi. Sebab kebutuhan user bukan sekedar utak-atik kata untuk keperluan dicetak di atas kertas saja, namun kebutuhan yang sifatnya insidensial memang semakin bermunculan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu pihak Microsoft perlu menyediakan menu tambahan untuk keperluan tersebut.

Kembali pada masalah pengolahan file dokumen, kebutuhan user memang sungguh bervariasi. Anggap saja ia sedang menggarap proposal yang di dalamnya berisi konten dengan orientasi halaman bervariasi; halaman ke-9 berisi wacana deskriptif, sedang halaman ke-10 harus memuat daftar dengan jumlah kolom yang sungguh banyak dan harus dipaksa berjejer ke samping. Anda pun tahu bahwa posisi halaman ke-9 tersebut harus di-set dengan orientasi Potrait (berdiri), sedang di halaman ke-10 perlu di-set dengan orientasi Landscape (tidur, datar). Bila sekarang orientasinya diubah (misalnya dari posisi berdiri ke datar), seluruh halaman berbondong-bondong ikut berubah. Terpaksa si user harus membuat dokumen Word baru dengan tujuan agar orientasi kertas yang diatur secara spesifik tidak menular ke dokumen yang sebelumnya.

Dalam kasus demikian user terpaksa harus masuk ke dalam situasi “merepotkan.” Ditambah lagi masalah penomoran halaman, format, dan masalah implisit lainnya. Tentu tidak demikian bila semua itu terintegrasi di satu file saja. Bisakah suatu file dokumen menampung posisi halaman yang bervariasi tersebut?

orientasi-kertas

Berikut ini sebuah tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. Penulis memberikan sampel menggunakan MS Word 2010

  1. Aktifkan halaman yang diinginkan.
  2. Aktifkan tab Page Layout yang terdapat di area ribbon.
  3. Klik kiri panah di sudut kanan-bawah group Page Setup
  4. Pada dialog Page Setup yang muncul, klik orientasi halaman yang berbeda dengan halaman sebelumnya (misalnya Landscape)
  5. Pada menu pop-up Apply to:, pilih perintah This point forward
  6. Akhiri dengan klik OK di kanan-bawah dialog tersebut.

landscape

Bila dilakukan dengan cara yang benar maka Anda telah membuat file dokumen dengan orientasi yang berbeda-beda.

 

terimakasih

About Mohammad Roqib

Penulis (Eep Setiawan) bukanlah orang hebat, apalagi sok hebat. Hanya ingin berbagi karena dengan berbagi kita akan terus belajar dan belajar. Berbagi takkan pernah merugikan diri. Malah sebaliknya, Dengan berbagi kita akan mendapat pengetahuan yang tak terpikirkan sebelumnya.

Posted on 22 Juni 2011, in trik ms. word 2010 and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: